Pengaruh brand image terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sipirok

Main Author: Harahap, Emmi Hairani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5457/1/13%20220%200101.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5457/
Daftar Isi:
  • Pesatnya perkembangan Perbankan Syariah menimbulkan persaingan yang ketat, sehingga perusahaan harus terus berinovasi untuk tetap bertahan. Berbagai strategi dilakukan oleh perusahaan agar tetap diminati oleh konsumen. Salah satunya dengan menciptakan dan membangun Brand Image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image terhadap minat nasabah menabung pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sipirok. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, perusahaan, akademik dan pihak lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang minat yang terdiri dari pengertian minat, faktor-faktor yang mempengaruhi minat, maca- macam minat dan pandangan Islam tentang minat. Selanjutnya teori tentang Brand Image yang terdiri dari pengertian Brand Image faktor-faktor yang membentuk Brand Image, komponen Brand Image dan pandangan Islam mengenai Brand Image. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan jumlah sampel 99 Nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji 2 linearitas, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi (R ) dan uji hipotesis (uji t). Dengan menggunakan program Statistical Product and Services Solution (SPSS) Versi 23.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y= 19,381 + 0,529X dan data R square sebesar 0,363 hal ini berarti sumbangan pengaruh Brand Image terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sipirok adalah 36,3%. Sedangkan sisanya 63,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Brand Image memiliki thitung> ttabel (7,430 > 1,660) dan nilai sig <α (0,000 <0,1) yang artinya bahwa secara parsial Brand Image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sipirok.