Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT Insani Sadabuan Kota Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Romi Ahmad Sanusi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5417/1/12%20220%200125.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5417/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perkembangan jumlah nasabah di BMT Insani Sadabuan. Hal tersebut disebabkan karena kurang efektifnya strategi pemasaran yang dilakukan pihak BMT sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui BMT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan BMT Insani dalam meningkatkan jumlah nasabah. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, kebijakan dan strategi pemasaran, bauran pemasaran, pengertian BMT, landasan hukum, kegiatan usaha serta kebijakan pengembangan BMT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan secara sistematis mengenai fakta yang berhubungan dengan objek penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran di BMT Insani Sadabuan dalam meningkatkan jumlah nasabah. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah karyawan BMT insani itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran BMT Insani dalam meningkatkan jumlah nasabah menerapkan strategi marketing mix, yaitu dengan menawarkan produk-produk yang beragam sehingga nasabah dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya, menetapkan harga (bagi hasil) yang dapat memberikan keuntungan baik bagi nasabah, promosi dengan cara menjalin silaturrahmi dan menawarkan langsung kepada masyarakat supaya menabung, serta lokasi yang sangat strategis yaitu terletak di pasar inpres Sadabuan yang mana banyak pedagang kecil sehingga pihak BMT lebih mudah menawarkan produknya dan mengajak masyarakat atau pedagang untuk menabung. Disisi lain BMT Insani Sadabuan hanya melakukan promosi dengan cara mengajak nasabah saja. Dari hasil penelitian, strategi pemasaran yang dilakukan BMT Insani masih kurang efektif dalam menarik minat nasabah untuk menabung. Oleh karena itu, peneliti menyarankan supaya meningkatkan strategi pemasaran yang relevan digunakan saat ini, terutama dalam hal strategi penghimpunan dana.