Pengaruh pelayanan pembiayaan mudharabah terhadap anggota di BMT Insani Sadabauan
Main Author: | Siregar, Alwi Muara Gojali |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5414/1/12%20220%200093.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5414/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pelayanan di BMT Insani Sadabuan belum bisa dikatakan optimal yang mengakibatkan adanya nasabah yang komplain dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak BMT sehingga mengakibatkan nasabah tidak nyaman dalam bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan pembiayaan mudharabah di BMT Insani Sadabuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan, pembiayaan mudharabah dan kepuasan nasabah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan karakteristik BMT tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah riset lapangan yaitu melalui observasi dan wawancara langsunng dengan nasabah/anggota. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan nasabah BMT Insani Sadabuan peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pelayanan pembiayaan mudharabah terhadap kepuasan nasabah. Nasabah sangat puas dengan pelayanan kekeluargaan yang diberikan pihak BMT, namun nasabah juga mengeluhkan kurangnya fasilitas yang belum memadai yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Nasabah juga mengungkapkan berbagai jawaban dan pendapat yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama yaitu agar pihak BMT mengetahui keinginan dan harapan nasabah dan tentunya untuk meningkatkan BMT dimasa yang akan datang.