Pengaruh pelayanan dan citra pegadaian syariah terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok
Main Author: | Nurhasanah, Nurhasanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5385/1/12%20220%200075.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5385/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok pada tahun 2014 kemudian pada tahun selanjutnya jumlah nasabah gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok mengalami penurunan. Pentingnya pelayanan dan citra yang baik dari PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok sehingga mempengaruhi nasabah untuk menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok. Rumusan penelitian ini apakah ada pengaruh pelayanan dan citra pegadaian syariah terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pelayanan dan citra pegadaian syariah mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah, pelayanan dan citra. Yang dimana variabel Y adalah keputusan nasabah, variabel X1 pelayanan dan variabel X2 citra. Teori-teori dijelaskan secara rinci dengan merujuk kepada sumber-sumber yang otoritatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 99 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai thitung > ttabel (6,649 > 1,660), citra berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai thitung > ttabel (3,567 > 1,660). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa pelayanan dan citra berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan Fhitung > Ftabel (163,379 > 2,36). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 76,8 persen variabel pelayanan dan citra mampu mempengaruhi keputusan nasabah dan 23,2 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.