Penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam meningkatkan pemahaman konsep pokok bahasan pecahan siswa kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok
Main Author: | Harahap, Sri Agustina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5351/1/10%20330%200114.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5351/ |
Daftar Isi:
- Belajar matematika pada dasarnya adalah belajar konsep. Selama ini siswa cenderung menghapal konsep matematika tanpa memahaminya, dengan demikian pembelajaran matematika di sekolah merupakan masalah. Dengan Penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan pemahaman konsep pokok bahasaan pecahan siswa kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok, diharapkan bisa menjadi solusi dari masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pokok bahasan pecahan di kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu dengan menggunakan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dengan menggunakan beberapa siklus, sehingga pada setiap siklus dapat dilihat letak peningkatan pemahaman konsep belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Peningkatan Pemahaman Konsep Pada Pokok Bahasan Pecahan siswa kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok meningkat. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 67,58%, sedangkan pada siklus II mencapai 90,5%. Pada Siklus I rata-rata aktivitas siswa mencapai 65,55% sedangkan pada siklus II mencapai 88,33%. Dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Team Accelerated Instruction (TAI) sangat baik. Jadi, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pokok bahasan pecahan di kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok.