Hubungan pemahaman bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang di kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Sahrina Efriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5349/1/10%20330%200112.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5349/
Daftar Isi:
  • Pemahaman sebahagian siswa terhadap materi bangun datar masih kurang, hasil belajar bangun ruang siswa juga masih kurang atau belum maksimal, dan masih ada juga ditemukan siswa yang belum mampu menghubungkan pemahaman materi bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi bangun datar dikelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, untuk mengetahui hasil belajar bangun ruang dikelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan pemahaman materi bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Padangdimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Intrumen yang digunakan untuk kedua variabel adalah tes objektif bentuk pilihan ganda dengan empat alternative jawaban. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 149. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 4 kelas dengan populasi 149 orang. Kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling (pengambilan secara acak) dimana setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Sampel penelitian diperoleh dari dari tiap populasi kelas, maka diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data yang diperoleh dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama, analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara singkat, teratur dan jelas mengenai mean, median, modus, distribusi frekuensi dan histogram dari variabel-variabel penelitian. Sedangkan tahap kedua dengan menggunakan rumus product moment (untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X terhadap variabel Y) pada interval kepercayaan 95% serta rumus uji t (untuk uji signifikansi variabel penelitian) pada taraf signifikansi 5%. Dari perhitungan variabel pemahaman bangun datar (variabel X) diperoleh rata-rata sebesar 70,3 hasil ini dikategorikan “Baik”, dan nilai rata-rata hasil belajar bangun ruang sebesar 70,72 yang juga dikategorikan “Baik”. Dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari perhitungan tersebut diperoleh thitung = 11,869, sedangkan ttabel = 2,048. Jadi t hitung > t tabel yaitu 11,869 > 2,048, artinya hipotesis diterima, Maksudnya terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman bagun datar dengan hasil belajar bangun ruangdi kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan.