Pengaruh kerja kelompok terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel pada kelas VIII SMP Negeri 1 Siabu
Main Author: | Puspita, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5346/1/073300089.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5346/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat khususnya pada pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel. Untuk itu, salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dangan jelas apakah ada pengaruh yang signifikan antara kerja kelompok terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest-postest design yaitu terdapat 2 kelompok yang dibandingkan hasilnya yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 205 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 60 orang. Pengambilan kelas ini didasari atas uji homogenitas dan uji normalitas. Untuk mengetahui pengaruh dari kerja kelompok terhadap hasil belajar digunakan rumus uji-t. Berdasarkan data yang diperoleh dan kemudian diolah dengan menggunakan rumus-rumus yang ada, maka dapat kita lihat thitung ttabel (5, 303 > 2,00), dengan kata lain Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara kerja kelompok terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel pada SMP Negeri 1 Siabu.