Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di Galeri Elzatta Padangsidimpuan
Main Author: | Dalimunthe, Putri Azizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5340/1/13%20230%200079.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5340/ |
Daftar Isi:
- Semakin banyaknya orang yang mengenakan busana muslim, menyebabkan toko-toko yang menyediakan busana muslim bersaing dengan ketat. Untuk itu, galeri Elzatta Padangsidimpuan berusaha mempertahankan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini membahas tentang kepuasan pelanggan dalam berbelanja di galeri Elzatta Padangsidimpuan. Adapun yang menjadi pertimbangan pelanggan dalam membeli dan mewujudkan kepuasan maka dilakukan pendekatan menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi dan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap kepuasan pelanggan galeri Elzatta Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan dan bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, lokasi, promosi dan cerita aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang diambil dari pelanggan galeri Elzatta Padangsidimpuan dengan jenis metode convenience sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, kemudian di analisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,300 atau sama dengan 30 %. Berarti hanya 30% variabel produk, harga, lokasi dan promosi mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sementara 70% harus dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor lain diluar model regresi yang diteliti yaitu kualitas pelayanan, emotional factor, biaya dan kemudahan. Variabel produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan karena nilai > (2,974 > 2,368). Variabel harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan karena nilai > (2,902 > 2,368). Variabel lokasi berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan karena nilai < (0,532 < 2,368). Variabel promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan karena nilai > (3,265 > 2,368). Secara simultan variabel produk, harga lokasi dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan uji F, dengan F hitung > F tabel (11,188 > 3,94).