Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Graha Yamaha di Padangsidimpuan

Main Author: Fariza, Nando
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5339/1/13%20230%200073.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5339/
Daftar Isi:
  • PT. Graha Yamaha di Padangsidimpuan harus mampu bersaing dan mengoptimalkan kinerja secara profesional untuk mencapai keuntungan maksimal. Kegiatan pemasaran merupakan usaha langsung untuk mencapai, memberikan informasi dan membujuk konsumen untuk membeli dan menggunakan produknya. Kegiatan promosi bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Beberapa masyarakat kurang mengetahui keunggulan-keunggulan yang dimiliki produk Yamaha, kurang mengetahui jenis-jenis produk Yamaha, kurang mengetahui konsep harga dari produk Yamaha. Dilihat dari parkiran, ternyata produk Yamaha masih jarang peminatnya di Kota Padangsidimpuan. Keadaan ini, yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian dengan bertujuan untuk mengetahui apakah promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Graha Yamaha di Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang pemasaran terkait dengan promosi dan keputusan pembelian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang perilaku konsumen, model proses pembelian oleh konsumen, keputusan pembelian, pemasaran, manajemen pemasaran, bauran pemasaran (promosi, produk, harga dan distribusi). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan angket serta melalui wawancara terhadap individu yang informasinya diperlukan untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 21. Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) dapat diketahui bahwa 28,6% variabel promosi mampu mempengaruhi keputusan pembelian dan 71,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan yaitu promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Padangsidimpuan dengan nilai > (5,221 > 1,667).