Hubuagan metode drill dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MadrasahTsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Sarmadan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5332/1/073300034.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5332/
Daftar Isi:
  • Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuaa sedangkan rumusan masalah dalam dalam pelelitian ixi adalah hubungan pener:ryan metode drill dengan hasil belajar matematika siswa kelas YIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adatah uatuk melihat hubungan penerapan metode metode drill dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan, Metode drill mengandung effrm tahapan yang sangat penting, yaitu : Drill hanyalah untuk bahan atau tindakan yang bersifat otomatis, tatihan memiliki arti dalam rangka yang lebih luas, [atihan-latih*n itu pertama-tama harus ditekankan pada diagnosq Masa latihan harus relatif singkat, tetapi harus sering dilakukan pada waktu yang lain, Masa latihan harus menarik, gembira dan menyenangkan, Pada waktu latihan, harus mendahulukan proses yang esensial, Proses latihan dan kebutuhan harus sesuai dengan individu siswa Kriteria Kelulusan minimal (KKM) yang ditetapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan adalah 70, hasil klajar matematika yang diproleh siswa nilai rata-ratanya adalah 77,93. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada studi pendahuluan adalah 68,41. Dari hasil perhitungan r hitung > r table yakni 0.364 > 0"49. Da{i penelitian tersebut didapatkan bahw4 percrapan metode drill dalam pembelajaran matematika menunjukkan ada hubuugan yang signifikan dengan melihat p€rsentas€ responden dan hasil belajar rnatematika sisw4 sehingga dapat dianbil kesimpulan bahwa metode drill dengan hasil belajar matematika siswa mempunyai huo-ungan yang signifi kan.