Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode drill pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII MTs N Dolok Kec. Dolok Kab. Padang Lawas Utara
Main Author: | Dongoran, Supriadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5321/1/073300080.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5321/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs N Dolok Kec. Dolok Kab. Padang Lawas Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs N Dolok Kec. Dolok Kab. Padang Lawas Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) yaitu dilakukan di dalam kelas pada waktu berlangsungnya suatu kegiatan pembelajaran untuk suatu pokok bahasan tertentu pada suatu mata pelajaran. Darib penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa metode drill dapat menigkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs N Dolok Kec. Dolok Kab. Padang Lawas Utara. seperti pada data yang telah didapatkan bahwa pada siklus I pertemuan ke-1 siswa yang tuntas sebanyak 16 orang siswa (53,33%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 14 Orang dari 30 orang siswa, nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 65,00. SEdangkan pada pertenuan kedua siswa yang tuntas 19 siswa (63,33%), siswa yang tidak tuntas 11 orang siswa, dari siklus I pertemuan pertama dan kedua diperoleh ketuntasan belajar siswa belum seperti yang diharapkan. kemudian data dari siklus II pertemuan pertama siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (86,66%), siswa yang belum tuntas sebanyak 4 orang siswa, sedangkan nilai rata-rata kelas 77,66. Kemudian pada pertemuan kedua siswa tang tuntas sebanyak 25 orang siswa (83,33%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyakn 5 orang siswadan rata-rata kelas74,63. dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan sudah mencapai lebih dari 80% siswa yang tuntas maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.