Perbedaan kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTSN Muara Sipongi T.A 2012-2013
Main Author: | Lubis, Nikmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5313/1/08%20330%200072.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5313/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa ditemukan kesulitan dalam mempelajari matematika khusunya pada pokok bahasan lingkaran sehingga siswa banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Ada dua faktor yang berperan penting dalam ketidak berhasilan siswa yaitu faktor dari siswa itu sendiri dan faktor dari guru ketika menyampaikan materi pembelajaran. Adapun faktor yang berasal dari siswa itu sendiri adalah ketidak mengertian siswa terhadap pelajaran matematika yang diajarkan guru. Dan faktor yang berasal dari guru adalah ketidak mampuan memilih metode pembelajaran, dan tidak dapat memilih strategi yang ingin digunakan dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa menjadi malas dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalah adalah apakah ada perbedaan kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD dan TPS pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Muarasipongi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan siswa yang diajarkan dngan pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD dan TPS pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Muarasipongi tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Muarasipongi yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 86 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai eksperimen A yang diajarkan degan pembelajaran tipe STAD dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen B yang diajarkan dengan pembelajaran tipe TPS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrument berupa essay test dengan jumlah 8 soal.