Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar pendidikan agama islam (PAI) Siswa SD Negeri 162 Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Nurhamimah, Nurhamimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5288/1/093100070.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5288/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini adalah suatu kajian tentang daya yang ditimbulkan oleh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar pendidikan agama Islam. Penulisan skripsi ini dilatar belakang kurangnya minat belajar PAI siswa SD Negeri 162 Aek Marian sehingga menimbulkan hasil belajarnya rendah. Hal ini diakibatkan karena cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan pelajarannya. Untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa salah satunya cara yang dipakai dengan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan materi yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar PAI siswa SD Negeri 162 Aek Marian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode deskriftif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu angket. Selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan minat belajar PAI digunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi produc moment. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar PAI dilakukan dengan menggunakan persamaaan regresi, dan untuk melihat seberapa besar kontribusi penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar PAI siswa SD Negeri 162 Aek Marian dihitung dengan koefisien determinasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh rhitung sebesar 0, 497, dicari interpretasi dengan menggunakan tabel nilai “r” : df = N – nr = 41 – 2 = 39, dengan memeriksa Tabel Nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 39, pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel sebesar 0, 316. Ternyata rhitung> rtabel (0, 497< 0,316). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterimaartinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar PAISD Negeri 162 Aek Marian. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar PAI dihitung dengan uji signifikan analisis regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu (27, 38>4,09) dengan persamaan regresi Y = 5,31+0, 78X. Konstribusi penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar PAIdengan determinasi sebesar 24, 70%.