Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan

Main Author: Matondang, Rodiah Annisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5270/1/05310861.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5270/
Daftar Isi:
  • Yaitu suatu pembahasan tentang kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan bertujuan untuk verifikasi, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan kelas XII sebanyak 365 orang, di mana kelas XII tidak dapat dijadikan sebagai sampel, karena siswa/siswi kelas XII sudah dalam menghadapi ujian akhir sekolah, yang menjadi sampel penelitian kelas X dan XI yang berjumlah 36 orang. Teknik random sampling yang dipakai yaitu pengambilan sampel secara bercampur. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya dilakukan analisa data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product moment, persamaan regresi linier sederhana dan dilanjutkan uji signifikansi. Hipotesis yang berbunyi apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 36 pada taraf signifikansi 5% ditemukan rtabel sebesar 0,329 dan pada taraf signifikansi 1% ditemukan rtabel sebesar 0,424. Maka rxy = -0,127 > dari rtabel = 0,329 ditolak, dengan koefisien korelasi -0,127. Dari persamaan regresi linier sederhana diperoleh Ŷ = 74,303 + (-0,137)X serta dilakukan uji signifikansi yang dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai Fhitung = 0,577, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai Ftabel untuk interval kepercayaan 5% sebesar 4,11 dan untuk interval kepercayaan 1% sebesar 7,39. Artinya tidak ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan.