Penerapan model artikulasi untuk meningkatkan daya ingat siswa pada materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101080 Muaratais II

Main Author: Hasibuan, Risti Riyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5268/1/10%20330%200109.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5268/
Daftar Isi:
  • Pada saat guru menanyakan kembali materi yang baru di jelaskan siswa sudah lupa dan tidak ingat lagi, sehingga daya ingat siswa di kelas V tergolong rendah. Yaitu dari 16 siswa hanya 4 orang yang mempunyai daya ingat baik, padahal materi bangun datar ini memerlukan ingatan yang kuat, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Artikulasi dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101080 Muaratais II, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran Artikulasi dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101080 Muaratais II. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan model pembelajaran. Sehubungan dengan itu model pembelajaran yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan model pembelajaran Artikulasi. Penelitian ini dilaksanakan dikelas V SD Negeri 101080 Muaratais II. SD Negeri 101080 Muaratais II ini beralamat di Muaratais II, kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 101080 Muaratais II yang berjumlah 16 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 46,25 menjadi 54,68, kemudian pada pertemuan 2 terdapat peningkatan yaitu dari nilai rata-rata siklus I pertemua 1 sebesar 54,68 menjadi 67,5. Pada siklus II pertemuan 1 tetap mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata siklus I pertemuan 2 yaitu dari 67,5 menjadi 75,6 dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas semakin meningkat menjadi 82,18 dengan kata lain persentase ketuntasan belajar matematika siswa sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model artikulasi dapat meningkatkan daya ingat siswa pada materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101080 Muaratais II.