Upaya meningkatkan koneksi matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Lubis, Nuril Ilmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5265/1/10%20330%200106.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5265/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penulisan penelitian ini adalah apakah Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan koneksi matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan koneksi matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X2Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Madrasag Aliyah Negeri (MAN) Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas X2 sebanyak 26 orang siswa, instrument pengumpulan data berupa lomber koneksi matematika siswa dan catatan lapangan. Tes berupa koneksi matematika siswa tiap pertemuan. Analisa data yang digunakan adalah 1) teknik persentase, digunakan mengolah data koneksi matematika siswa yang ada, 2) penarikan kesimpulan dengan membuat kesimpulan berdasarkan deskripti data. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 putaran siklus, setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Siklus I dan siklus II menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan koneksi matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik ( PMR) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X2 MAN Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. hasil penelitian data koneksi matematika siswa pada siklus I masih rendah diperoleh rata – rata 25%. Karena peningkatan koneksi matematika siswa pada siklus I belum memenuhi pada kriteria yang diamati maka dilakukan siklus ke – II. Pada siklus II data koneksi matematika siswa meningkat dengan rata- rata mencapai 80% dan telah memenuhi pada kriteria koneksi yang diamati bahkan sebagian persentase koneksi sudah melebihi dari kriteria yang diamati. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan koneksi matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.