Manajemen pembelajaran guru pendidikan agama islam di MTs Asy-Syukriyyah Desa Binanga Kecamatan Marancar

Main Author: Parini, Parini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5264/1/093100154.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5264/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitiann ini yaitu: Bagaimana perencanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah Desa Binanga Kecamatan Marancar? Bagaimana pengorganisasian pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah Desa Binanga Kecamatan Marancar? Bagaimana kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah? Bagaimana pemotivasian guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah? Bagaimana pengevaluasian guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah? Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui Perencanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah Desa Binanga Kecamatan Marancar, untuk mengetahui pengorganisasian pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah, untuk mengetahui kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah, untuk mengetahui pemotivasian guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Asysyukriyyah, dan untuk mengetahui pengevaluasian guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-syukriyyah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya, yang populasinya adalah guru Pendidikan Agama Islam di MTsS Asy-Syukriyah Desa Binanga Kecamatan Marancar yang berjumlah tiga orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian di atas dapat diperoleh bahwa Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Asy-Syukriyyah Desa Binanga Kecamatan Marancar tergolong baik, hasil wawancara peneliti dengan ketiga guru Agama Islam bahwa semua guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajara dan mencantumkan semua komponen-komponen pembelajaran, dalam mengorganisir pembelajaran ketiga guru Agama Islam telah berupaya menggunakan metode yang tepat, Tapi karena fasilitas serta sarana dan prasarana yang terbatas sehingga dapat menghambat kelancaran proses belajar mengajar, dalam memimpin proses belajar mengajar guru selalu mengontrol siswa dan sekaligus menjadi contoh teladan yang baik bagi siswa/siswi, dalam memotivasi guru selalu memperhatikan siswa dan guru selalu membangkitkan motivasi siswa, dan dalam mengevaluasi dilaksanakan oleh guru setelah proses belajar mengajar selesai, pada saat mid semester dan semester sehingga di ketahui keberhasilan siswa/siswi.