Pengaruh penggunaan alat peraga geoboard (papan berpaku) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar siswa kelas V SD Negeri 001 Sihepeng

Main Author: Rukiyah, Rukiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5259/1/09%20330%200061.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5259/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini terjadi dikarenakan pembelajaran matematika masih disampaikan dengan metode ceramah. Untuk itu, salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan alat peraga Geoboard (papan berpaku). Proses pembelajaran ini dilakukan untuk mengarahkan siswa belajar secara mandiri dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga Geoboard (papan berpaku) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar siswa kelas V SD Negeri 001 Sihepeng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dalam hal ini peneliti menggunakan Classical experimental design (satu kelompok eksprimental satu kelompok pembanding). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas VA dan VB yang berjumlah 61 orang. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu seluruh kelas V, kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Instrumen yang diujikan adalah pretest dan postest uji coba kepada kedua kelas, sedangkan teknis analisis instrumen yang digunakan yaitu validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabelitas soal. Kemudian teknik analisis datanya yaitu menggunakan chi-kuadrat, uji kesamaan rata-rata dan uji-t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung =7,338, sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5 % =1,67. Sehingga didapatkan thitung > t tabel (7,338 > 1,67), artinya hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga Geoboard (papan berpaku) terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok bangun datar siswa kelas V SD Negeri 001 Sihepeng.