Pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa
Main Author: | Hasibuan, Elmida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5258/1/09%20330%200040.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5258/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar matematika siswa sehingga menimbulkan hasil belajarnya rendah. Hal ini diakibatkan karena cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan pelajarannya. Untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa salah satunya cara yang dipakai dengan menggunakan keterampilan mengadakan variasi mengajar. Sehingga penulis termotivasi untuk melakukan penelitian yang berjudul “pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu angket.Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh antara keterampilan mengadakan variasi mengajar dan minat belajar matematika siswa digunakan analisis statistik dengan menggunakan rumuskorelasi produc moment. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa dilakukan dengan menggunakan persamaaan regresi, dan untuk melihat seberapa besar kontribusi keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika dihitung dengan koefisien determinasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh rhitung sebesar 0, 497, dicari interpretasi dengan menggunakan tabel nilai “r” : df = N – nr = 41 – 2 = 39, dengan memeriksa Tabel Nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 39, pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel sebesar 0, 316. Ternyata rhitung > rtabel (0, 497 > 0,316). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa di kelas XI SMA N 1 Sosa. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika dihitung dengan uji signifikan analisis regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 27,38 > 4,09 dengan persamaan regresi Y = 5,31+0,78X. Konstribusi keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap minat belajar matematika siswa dengan determinasi sebesar 99,4%.