Hubungan motivasi belajar siswa dengan kecerdasan matematis logis siswa kelas XI pada bidang studi matematika di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan

Main Author: Dariyanto, Yudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5255/1/09%20330%200033.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5255/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar di sekolah sering ditemukan siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan inteligensinya. Hal ini dapat dilihat dari adanya siswa yang mempunyai kecerdasan matematika tinggi tetapi tidak mempunyai motivasi belajar matematika maka memperoleh prestasi belajar yang relatif rendah. Selain itu, ada siswa yang mempunyai kecerdasan matematika kurang tetapi mempunyai motivasi belajar matematika maka dapat meraih prestasi belajar yang relatif tinggi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kecerdasan matematis logis siswa kelas XI pada bidang studi matematika di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan T.A. 2012-2013 yang berjumlah 185 siswa, cara pengambilan sampel yaitu dengan teknik sampling klaster, yaitu berjumlah 39 siswa. Instrumen pengumpulan data dari lapangan menggunakan angket skala Likert dan tes soal pilihan berganda. Selanjutnya untuk mencari hubungan antara variabel yang diteliti digunakan analisa statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus t untuk melihat sejauh mana hubungan kedua variabel tersebut. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa motivasi belajar siswa pada bidang studi matematika memiliki hubungan yang signifikan dengan kecerdasan matematis logis siswa pada bidang studi matematika, yaitu ditemukan angka rhitung sebesar 0,879 dan dikonsultasikan pada rtabel sebesar 0,316, selain itu diperoleh juga thitung sebesar 11,207 dan dikonsultasikan pada ttabel sebesar 1,688, konstribusi determinan sebesar 77% dan sisanya 23% ditentukan oleh faktor lain. Hal ini terlihat bahwa rhitung > rtabel dan thitung > ttabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kecerdasan matematis logis siswa kelas XI pada bidang studi matematika di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.