Peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang melalui penerapan metode demonstrasi di kelas V SD Negeri 100890 Gunungtua
Main Author: | Putriana, Putriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5254/1/09%20330%200025.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5254/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penulisan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 100890 Gunungtua pada pokok bahasan bangun ruang, hal ini disebabkan karena materi bangun ruang bersifat abstrak disisi lain guru masih menggunakan metode belajar konvensional. Rumusan masalah adalah apakah metode demonstari dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas V SD Negeri 100890 Gunungtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang dengan metode demonstrasi, dan manfaat penelitian ini untuk mencapai gelar Sarjana Pendidikan Islam. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang melalui penerapan metode demonstrasi. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran Matematika , metode demonstrasi dan hasil belajar pada materi bangun ruang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 100890 Gunungtua. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Siklus I dan siklus II menggunakan metode demonstrasi. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas VA sebanyak 24 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa essay tes. Analisis data yang digunakan adalah 1) Reduksi Data, dengan rumus ܺത = ∑ ∑ ே . 2) Penyajian data yaitu kegiatan analisis data berupa penyusunan atau penggabungan dari sekumpulan informasi. 3) Penarikan kesimpulan adalah membuat kesimpulan berdasarkan deskripsi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan bangun ruang siswa kelas VA SD Negeri 100890 Gunungtua. Dari hasil penelitian nilai ratarata pada siklus I pertemuan ke 1 yaitu 63,75 dengan persentase ketuntasan 58,33%, pertemuan ke 2 yaitu 67,08 dengan persentase ketuntasan 66,66%, hal ini meningkat pada siklus II pertemuan ke 1 nilai rata-rata siswa yaitu 70,41 dengan persentase ketuntasan 79,16%,, pertemuan ke 2 yaitu 76,25 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Pada siklus II ini telah menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa lebih besar dari nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 87,5% > 85%.