Kemampuan komunikasi tulis dan lisan siswa dalam memecahkan masalah terbuka (open ended) pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas X SMA Harapan Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Asbin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5251/1/08%20330%200052.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5251/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi adalah proses penyampaian makna dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalui tertentu. Dalam matematika menerima dan menyampaikan informasi bukan hal yang mudah. Hal ini disebabkan dari matematika yang sarat dengan istilah dan simbol. Karena itu kemampuan komunikasi dalam matematika perlu dimiliki oleh siswa. Kemampuan komunikasi siswa dievaluasi dengan menggunakan masalah terbuka (open ended). Masalah terbuka adalah suatu masalah yang memberi keleluasaan pada siswa untuk menjawab secara benar dengan memungkinkan alasan atau cara menjawab yang beragam. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan komunikasi tulis siswa dalam memecahkan masalah (open ended) pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas X SMA Harapan Padangsidimpuan, bagaimana kemampuan komunikasi lisan siswa dalam memecahkan masalah terbuka (open ended) pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas X SMA Harapan Padangsidimpuan dan faktor-faktor apa yang menyebabkan kemampuan komunikasi tulis dan lisan. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis melakukan penelitian di SMA Harapan Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Selanjutnya data yang dikumpulkan dari tes tulis dan tes performen yang telah peneliti sediakan Penulis menyimpulkan bahwa Kemampuan komunikasi tulis siswa dari 6 siswa pada soal Nomor 1 terdapat 3 siswa yang menempati tingkat 5, 2 siswa yang menempati tingkat 4 dan 1 siswa yang menempati tingkat 3. Untuk soal Nomor 2 terdapat 1 siswa yang menempati tingkat 5, 1 siswa menempati tingkat 4, 1 siswa yang menempati tingkat 3, 1 siswa yang menempati tingkat 2 dan 2 siswa yang menempati tingkat 1. Serta Kemampuan komunikasi lisan siswa bahwa pada soal nomor 1 terdapat 5 siswa yang menempati tingkat 5 dan 1 siswa yang menempati tingkat 4. Pada soal no 2 terdapat 4 siswa yang menempati tingkat 4 dan 2 siswa yang menempati tingkat 5.