Pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Turnament (TGT) terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan

Main Author: Sari, Rukiah Purnama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5247/1/08%20330%200035.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5247/
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran matematika, guru tidak cukup terfokus pada satu model saja, guru perlu mencoba menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan materi guna meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa. Dalam hal ini, kreativitas belajar matematika siswa masih tergolong rendah sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal ini merupakan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Meningkatnya kreativitas belajar matematika siswa akan memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa juga. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Team Games Turnamen (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan. Hipotesis penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis statistic korelasi product moment . Selanjutnya lokasi penelitian adalah SMPN2 Padangsidimpuan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-2 SMPN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan penelitian di atas ditemukan bahwa: terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan sebesar 0,6218. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis berbunyi “ada terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan” diterima pada taraf signifikan 5% karena thitung = 4,348 > ttabel = 2,042 artinya semakin baik model pembelajaran yang digunakan maka kreativitas matematika siswa semakin meningkat.