Implikasi kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan
Main Author: | Harahap, Rispa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5237/1/093100156.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5237/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan peranannya dalam bidang pendidikan sebagian besar terletak pada kemampuannya (kompetensinya) melaksanakan berbagai peranan yang bersifat khusus dalam situasi belajar dan mengajar. Siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak termotivasi dengan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga pembelajaran tersebut tidak terlalu bagus dalam hasil belajar mengajarnya. Ini disebabkan karena kurangnya akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam yang terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Baik itu dalam proses pembelajaran, maupun diluar proses pembelajaran. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apa sajakah akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Apa sajakah kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam tentang kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Solusi apa sajakah yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi kepribadiannya terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa sajakah akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui apa sajakah kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam tentang kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui solusi apa sajakah yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi kepribadiannya terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, teknik pengumpulan data yang dibutuhkan adalah wawancara, dan observasi. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan reduksi data, menelaah dari berbagai sumber,dan lain-lain. Implikasi kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan masih tidak begitu diperhatikan. Hal tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor antara lain adalah ini dapat dilihat dari akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam bertatakrama dan menanamkan moral sama siswanya. Seperti guru Pendidikan Agama Islam sering marah terhadap siswanya, Dan guru Pendidikan Agama Islam tidak memiliki sifat sabar dalam menghadapi siswa yang lambat dalam memahami pelajaran PAI. Dan solusinya adalah dengan diadakannya bimbingan, arahan dan penataran kepada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.