Pengaruh keterampilan dasar mengajar terhadap aktivitas belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII Di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Dalimunthe, Dimina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5236/1/083100137.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5236/
Daftar Isi:
  • Yaitu suatu pembahasan Keterampilan Menjelaskan dan bertanya yang dilakukan oleh guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Huraba Siabu. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana gambaran keterampilan dasar mengajar guru di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu, bagaimana aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu adakah pengaruh keterampilan dasar mengajar terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan dasar mengajar guru di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu, untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu, untuk mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu l. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif.. Hipotesis yang berbunyi ada Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 44 pada taraf signifikansi 5% ditemukan rtabel sebesar 0,297 dan pada taraf signifikansi 1% ditemukan rtabel sebesar 0,384. Maka rxy = 0,408 > dari rtabel = 0,297 diterima, dengan koefisien korelasi 0,408. Dari uji signifikansi yang dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai thitung = 2,89, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ftabel untuk interval kepercayaan 5% sebesar 2,021 dan untuk interval kepercayaan 1% sebesar 2,704. Artinya terdapat Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal.