Hubungan interaksi belajar mengajar dengan minat belajar pendididikan agama islam di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan
Main Author: | Nasution, Anni Holila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5233/1/06311012.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5233/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana interaksi belajar mengajar di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, Bagaimana minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, Apakah ada hubungan interaksi belajar mengajar dengan minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian adalah ingin mengetahui interaksi belajar mengajar di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, ingin mengetahui minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, ingin mengetahui ada hubungan interaksi belajar mengajar dengan minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ebesar 188 siswa sampel penelitian diambil 20% berjumlah 37 siswa Sampel penelitian ini termasuk proportional random sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data angket, observasi dan wawancara. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan analisa korelasi paroduct moment. Hasil penelitian diperoleh Interaksi belajar mengajar berdasarkan perhitungan hasil skor yang diperoleh, secara umum menggambarkan kategori baik dengan nilai 67.43% dari skor ideal. Dari klasifikasi tingkat pencapaian skor ditentukan`rentang antara 51-75% termasuk kategori baik. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa interaksi belajar mengajar termasuk kategori baik. Minat belajar pendidikan agama Islam berdasarkan perhitungan hasil skor yang diperoleh, secara umum menggambarkan kategori baik dengan nilai 66.85% dari skor ideal. Dari klasifikasi tingkat pencapaian skor ditentukan`rentang antara 51-75% termasuk kategori baik. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa minat belajar pendidikan agama Islam termasuk kategori baik. Hubungan interaksi belajar mengajar dengan minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan ada hubungan. Dengan diperoleh rhitung sebesar 0.400 dan ditemukan rtabel sebesar 0,325, dengan demikian nilai rhitung > rtabel untuk tingkat kepercayaan 5%. Selanjutnya dilakukan uji t hipotesis, α = 0.05 dan n 37 dengan uji satu pihak; ditemukan thitung = 2.582 dan ttabel 1.697, maka tolak Ho artinya signifikan. Dengan demikian, hipotesis diterima, yang berbunyi “ terdapat hubungan yang signifikan antara interksi belajar dengan minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan