Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Padangsidimpuan

Main Author: Lestari, Putri Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/523/1/12%20330%200122.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/523/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam pembelajaran matematika menggunakan metode konvensional dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa-siswi pada pokok bahasan garis singgung lingkaran masih dibawah KKM, proses pembelajaran berpusat pada guru ( teacher center), siswa mengalami kesulitan untuk memecahkan masalah dalam mengerjakan soal, dan model pembelajaran yang monoton dan tidak terjadinya interaksi yang baik antara guru dan siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experiment designs dengan jenis non ekuivalen (untreated controlgroup design with pretest and postest). Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, dan metode pengambilan sampel yaitu cluster sampling yaitu kelas VIII-10 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan VIII-11 kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (bentuk multiple choise), sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis normalitas, variansi, homogenitas dan uji t dengan bantuan IBM SPSS Versi 20. Hasil uji hipotesis penelitian tentang pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belaja garis singgung lingkaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan dengan menggunakan uji-t, diperoleh harga thitung 6,454 > ttabel 1,695. Sehingga thitung berada di luar daerah penerimaan Ho atau dengan kata lain Ho tolak. Setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah ditentukan pada kelompok eksperimen diperoleh temuan bahwa nilai rata-rata hasil postest kelompok eksperimen (82,91 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelompok kontrol (61,00).