Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Halongonan Hutaimbaru Kecamatan Halongonan

Main Author: Puadi, Wardiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5229/1/083100126.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5229/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi kenakalan siswa yang disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain: faktor internal dan faktor eksternal yang terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor lingkungan, sehingga diharapkan guru agama Islam mampu untuk mengatasi dengan berbagai cara seperti cara preventif atau kuratif atau dengan melalui nasehat. Guru PAI merupakan seorang yang memiliki pengetahuan (kemampuan) lebih mampu mengimplikasikan nilai relevan yang (dalam pengetahuan itu) yakni sebagai penganut agama yang patut dicontoh dalam agama yang diajarkan dan bersedia menyalurkan pengetahuan agama serta nilainya, kepada orang lain. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana kenakalan siswa di SMA Negeri I Halongonan Hutaimbaru Kecamatan Halongonan, apa saja upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Halongonan Hutaimbaru Kecamatan Halongonan dan apa saja kendala kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan Siswa di SMA Negeri 1Halongonan Hutaimbaru Kecamatan Halongonan. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kenakalan Siswa di SMA Negeri I Halongonan Hutaimbaru Kecamatan Halongonan,untuk mengetahui apa saja upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri I Halongonan Hutaimbaru Kecamatan Halongonan, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 halongonan hutaimbaru kecamatan Halongonan. Setelah semua data terkumpul penulis menarik beberapa kesimpulan bahwa keadaan kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Halongonan Hutaimbaru Kecamatan Halongonan masih cukup baik, akan tetapi masih ada siswa yang melanggar peraturanperaturan yang ditetepkan di sekolah. Dan masih memerlukan bimbingan yang lebih lanjut agar tercapainya tujuan yang diharapkan. Adapun upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa adalah sebagai berikut: usaha preventif, pembinaan perilaku siswa, melalui nasihat, mau”izatul hasanah. Dalam mengatasi kenakalan siswa Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Halongonan tidak terlepas dari beberapa kendala. Adapun kendala-kendala yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; faktor inter (dalam diri siswa itu sendiri), faktor ekstern siswa, kurangnya guru Pendidikan Agama Islam, tidak adanya guru BK (Bimbingan Konseling), kerjasama antar guru bidang studi lain, kerjasama dengan masyarakat.