Hubungan psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Main Author: Karlina, Nurliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5225/1/08%20330%200028.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5225/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil belajar turunan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan belum maksimal disebabkan kurangnya komunikasi dan perhatian guru kepada siswa sehingga tidak terciptanya iklim psikososial kelas yang baik dan suasana kelas pun menjadi kurang kondusif dan efektif. Berdasarkan latar belakang masalah, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan?” dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 204 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu 42 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket pada psikososial kelas dan tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan. Untuk pengolahan data dan analisa data menggunakan rumus korelasi spearman rank dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini memperlihatkan ada hubungan yang signifikan antara psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dengan kategori “sedang”, yaitu ditemukan angka korelasi rhitung = 0,553. Di mana nilai tersebut lebih besar dari nilai rtabel = 0,304. Hubungan tersebut signifikan, ini dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai thitung = 4,20. Di mana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 2,021 untuk interval kepercayaan 5 % dengan dk = n-2 = 40. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa semakin baik psikososial kelas, maka hasil belajar matematika pada materi turunan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan akan semakin baik pula. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa.