Hubungan keterampilan siswa membuat model matematika dengan penyelesaian soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) pada kelas X MAN 1 Padangsidimpuan
Main Author: | Sopiana, Mita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5224/1/08%20330%200022.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5224/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini, apakah ada hubungan yang signifikan antara keterampilan siswa membuat model matematika dengan penyelesaian soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) pada kelas X MAN 1 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan keterampilan siswa membuat model matematika dengan penyelesaian soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) pada kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data angket dan tes. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mencari hubungan antara variabel yang diteliti digunakan analisa statistik dengan menggunakan rumus uji âtâ. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa hubungan keterampilan siswa membuat model matematika dengan penyelesaian soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV), yaitu ditemukan angka thitung sebesar 25,38 dan dikonsultasikan pada ttabel sebesar 1,708. Hal ini terlihat bahwa thitung > ttabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ada hubungan yang sangat signifikan keterampilan siswa membuat model matematika dengan penyelesaian soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) pada kelas X MAN 1 Padangsidimpuan adalah diterima.