Pengaruh keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5220/1/083100082.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5220/
Daftar Isi:
  • Yaitu suatu pembahasan Keterampilan memberikan penguatan yang dilakukan oleh guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana keterampilan memberikan penguatan di SMP Negeri 1 Batang Angkola, apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan memberikan penguatan di SMP Negeri 1 Batang Angkola, untuk mengetahui pengaruh keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 684 orang. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi . Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya dilakukan analisa data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product moment, dan dilanjutkan uji signifikansi. Hipotesis yang berbunyi ada Pengaruh Keterampilan Memberikan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMP Negeri 1 Batang Angkola dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 41 pada taraf signifikansi 5% ditemukan rtabel sebesar 0,308 dan pada taraf signifikansi 1% ditemukan rtabel sebesar 0,398. Maka rxy = 0,506 > dari rtabel = 0,308 diterima, dengan koefisien korelasi 0,506. Dari uji signifikansi yang dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai Fhitung = 13,395, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ftabel untuk interval kepercayaan 5% sebesar 4,10 dan untuk interval kepercayaan 1% sebesar 7,35. Artinya terdapat Pengaruh Keterampilan Memberikan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMP Negeri 1 Batang Angkola.