Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan bentuk soal cerita sistem persamaan linear dengan dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang Kec. Sungai Kanan Kab. Labuhan Batu Selatan
Main Author: | Sari, Purnama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5217/1/07%20330%200071.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5217/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian adalahyang dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar dapat dialami oleh siswa yang berkemampuan rata-rata disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang menghambat tercapainya kinerja yang akademik yang sesuai dengan harapan. Penulis ingin melihat bagaimana kesulitan siswa dalam mengkaitkan model matematika dengan sistem perasamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Permasalahan yang muncul apasaja kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal bentuk cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang, dan apa saja kesulitan siswa dalam menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Tujuan penelitianadalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soalsoal bentuk cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengakaitkan model matematika dengan sistem persamaan linear dengan dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang dan untuk mengetahui apasaja kesulitan siswa dalam menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara penelitian lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif. Selain itu digunakan metode deskriptif, yaitu penjelasan baik tertulis maupun tidak dari orang-orang atau pelaku yang diteliti, dalam penelitian ini ada 32 orang siswa. Setelah penelitian ini dilakukan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bentuk cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel siswa mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep pemodelan matematika, konsep penyelesaian sistem persamaan yang diperoleh. Dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dengan dua variabel yang paling besar adalah memahami konsep sistem persamaan.