Problematika siswa dalam proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Main Author: | Siregar, Amrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5216/1/07%20330%200044.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5216/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Problematika Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, apa saja problematika siswa dalam proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, apa saja upaya guru untuk menanggulangi problematika siswa dalam proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Berdasarkan masalah penelitian di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, untuk mengetahui problematika siswa dalam proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, dan untuk mengetahui upaya guru dalam menanggulangi problematika siswa dalam proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Data kualitatif dijelaskan setelah mencermati situasi dan kondisi problematika siswa dalam proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan serta dipisahkan dengan kategori tertentu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengelolaan dan analisis data dengan teknik kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian di atas diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan adalah kurang baik, sehingga menjadi problematika bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan hal ini dikarenakan sedikitnya waktu yang dialokasikan pada saat pembelajaran matematika, guru hanya menjelaskan materi pelajaran dan siswa menulis sampai selesai dan memberi tugas, yang akhirnya siswa merasa bosan. Problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran matematika di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan adalah tidak tercapai tujuan yang diharapkan, maksudnya materi tidak terselesaikan, Kurang tersedianya media pembelajaran, sarana dan vii prasarana, materi yang sulit untuk dipahami dan waktu yang dialokasikan sangat sedikit. Guru sering terlambat bahkan tidak hadir, dan di dalam menjelaskan pelajaran terlalu cepat dan sering memberi tugas. Upaya yang dilakukan guru dalam penanggulangan problematika siswa dalam proses pembelajaran matematika di pondok pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan adalah menerapkan metode PAKEM (pembelajaran, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan), Tidak membuat materi baru sebelum siswa memahami materi sebelumnya. Membuat les tambahan di luar jam pelajaran, penambahan jam pelajaran, memberikan motivasi, menceritakan orang-orang yang berasal dari keluarga yang kurang mampu yang sudah sukses, menyadarkan siswa bahwa biaya sekolah mahal, dan menjelaskan kepada siswa pentingnya mempelajari matematika