Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP N.1 Batang Angkola

Main Author: Yulianti, Yulianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5215/1/07%20330%200039.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5215/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest control group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 221. Sampel diambil dari populasi dengan tekhnik cluster random sampling atau sampel acak berkelompok, kelas VIIB berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,86 > ttabel = 2,00. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa “ Ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola.