Pengaruh keterampilan membimbing kelompok kecil terhadap mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Sri Naswati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5212/1/083100122.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5212/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh keterampilan membimbing kelompok kecil terhadap mutu pembelajaran PAI, ada tiga permasalahan yaitu: bagaimana keterampilan guru PAI dalam membimbing kelompok kecil di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, bagaimana mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, danapakah ada pengaruh yang berarti antara keterampilan guru dalam membimbing kelompok kecil terhadap mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Adapun populasi penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan sebanyak 330 anggota populasi, ditetapkan 33 orang menjadi anggota sampel penelitian atau sama dengan 10% dari jumlah populasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan membimming kelompok kecil terhadap mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiriatas 35 item pertanyaan keterampilan membimbing kelompok kecil dan 40 item pertanyaan mutu pembelajaran PAI. Jadi seluruh jumlah item pertanyaan sebanyak 75 item pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda dan setiap pertanyaan terdiri dari 4 (empat) option. Untuk mendapatkan jawaban terhadap tujuan penelitian ini digunakan teknik analisis data dengan menggunakan rumus product moment dan rumus regresi sederhana Fhitug. Dari hasil uji statistik diperoleh harga Fhitung = 46,91. Harga Fhitung dibandingkan dengan harga Ftabel dengan V1 = dk pembilang = dk Reg(b/a) = 1 danV2 = dk penyebut= dk Res = 33-2 = 31, dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoeh Ftabel = 7,58. Jadi Fhitung ≥ Ftabel = 46,91≥ 7,58 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan membimbing kelompok kecil terhadap mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan.