Upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi bangun ruang di kelas VIII-A MTs.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru

Main Author: Ritonga, Nur Sinta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5210/1/10%20330%200024.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5210/
Daftar Isi:
  • Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya pemahaman konsep dan kreativitas belajar Matematika siswa kelas VIII-A Mts.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru, siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal Matematika khususnya bangun ruang (prisma dan limas). Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menghadapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar Matematika siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi bangun ruang (prisma dan limas) di kelas VIII-A MTs.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling. Jadi, sampel yang diambil sebanyak satu kelas, yaitu kelas VIII-A MTs.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru yang berjumlah 23 orang. Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes untuk melihat sejauhmana pemahaman konsep siswa dan lembar observasi untuk melihat sejauhmana kreativitas belajar matematika siswa meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil tes dan observasi serta wawancara diperoleh data bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap pemahaman konsep dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang (prisma dan limas) di kelas VIII-A MTs.S. Pondok pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru.