Efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan

Main Author: Nisak, Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5206/1/09%20310%200055.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5206/
Daftar Isi:
  • Guru Agama Islam sangat dituntut untuk selalu menciptakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara efektif, seperti menggunakan metode yang tepat, mengelola pembelajaran agar berjalan dengan efektif dan menggunakan waktu pembelajaran secara optimal agar tercapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan. Dan Penelitian ini berguna sebagai pelengkap tugas dan syarat-syarat mencapai gelar sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dalam bidang Ilmu Pendidikan Islam, menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan juga sebagai bahan masukan bagi guru-guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk lebih mengefektifkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan tiga cara yaitu reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sanggar Kegiatan Belajar Aek Horsik dapat dikatakan tidak berjalan secara efektif. Hal tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor antara lain adalah minimnya fasilitas/media pembelajaran PAI yang dapat mendukung tercapainya pembelajaran yang efektif, kurangnya kedisiplinan baik dari pihak pamong belajar maupun warga belajarnya, alokasi waktu yang terbatas dan metode pembelajaran yang cenderung monoton karena pamong belajar kurang berupaya untuk menggali berbagai macam metode yang dapat dilakukan untuk lebih mengefektifkan pembelajaran PAI di SKB Aek Horsik Panyabungan. Dalam pembelajaran pamong belajarlah yang paling berperan untuk mengelola pembelajaran agar berjalan secara efektif. Oleh karena itu, masih banyak yang perlu dibenahi kembali untuk perbaikan ke depannya agar terlaksana pembelajaran PAI yang efektif di SKB Aek Horsik Panyabungan.