Keterampilan guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Hasibuan, Lenni Ani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5203/1/093100173.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5203/ |
Daftar Isi:
- Adapun masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah : Bagaimana keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas, apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas, dan bagaimana usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. mengetahui kendala-kendala keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif. Pengambilan kesimpulan dilaksanakan secara induktif. Dari penelitian yang dilaksanakan, bahwa keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak, pengaturan ruangan tmpat berlangsungnya proses belajar mengajar, pngaturan tempat duduk, pengaturan alat pengajaran, penataan keindahan ruangan, ventilasi dan pengaturan cahaya, hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal yang positif, penanaman disiplin diri. Kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pengelolaan kelas adalah siswa yang keluar masuk ruangan, disetiap ruangan masih ada siswa yang suka ribut yakni mengganggu temannya ketika proses belajar mengajar, adanya siswa suka mengeluarkan kata-kata kotor kepada temannya. Usaha Modifikasi tingkah laku,Pendekatan pemecahan masalah kelompok, Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah, Melakukan pendekatan larangan dan anjuran, Sikap menerima dan menghargai siswa sebagai manusia, Sikap terbuka, Sikap demokratis, Sikap empati, pendekatan yang dilakukan untuk menanggulangi kendala dalam mengelola kelas adalah menggunakan pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, pendekatan pengajaran.