Etos kerja guru pendidikan agama Islam dalam upaya peningkatan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Sipirok

Main Author: Harahap, Muhammad Rifai
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5202/1/093100101.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5202/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sipirok. Bagaimana Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sipirok. Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sipirok. Dan untuk mengetahui Kualitas Pembelajaran di SMK Negeri 1 Sipirok. Adapun subjek penelitian (informan peneltian) dalam penelitian ini adalah data primer yaitu guru pendidikan Agama Islam sebanyak 3 orang. Data sekunder yaitu, kepala sekolah SMK Negeri 1 Sipirok, guru –guru SMK Negeri 1 Sipirok siswa-siswi SMK Negeri 1 Sipirok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya dilapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks penelitian. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti memberikan kesimpulan bahwa Etos kerja Guru Pendidikan Agama Islam secara verbalis sudah bagus, karena ke empat indikator etos kerja guru, yaitu karakter, kompetensi, konfidensi, dan karisma sudah mencerminkan etos kerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sipirok. Namun, secara pengamalan dari etos kerja itu masih perlu upaya motivasi dari kepala sekolah kepada guru Pendidikan Agama Islam untuk terus meningkatkan indikator etos kerja itu sendiri. Adapun Kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Sipirok, yaitu guru Pendidikan Agama Islam sudah melaksanakan proses pembelajaran seperti membuat RPP, menyesuaikan materi pembelajaran dengan RPP, mengunakan metode dan media pembelajaran serta menggunakan evaluasi pembelajaran.