Penerapan strategi pembelajaran afektif dalam meningkatkan sikap dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Nursaida, Nursaida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5196/1/083100084.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5196/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran afektif dapat meningkatkan sikap dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Proses pembelajaran PAI yang ada di MTSs Baharuddin masih kurang terkait terhadap persoalan upaya mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi makna yang perlu diinternalisasikan dalam diri siswa. Strategi pembelajaran afektif, yaitu strategi tradisional, strategi bebas, strategi reflekti dan strategi transinternal. Diantara strategi pembelajaran afektif tersebut yang dapat meningkatkan sikap terdapat pada strategi reflektif. Penelitian ini dilakukan di kelal VIII-2 MTSs Baharuddin, penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan bentuk siklus berulang didalamnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi dan seterusnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran afektif dapat meningkatkan sikap siswa kelas VIII-2 di MTSs Baharuddin. Hasil observasi tindakan siklus I ketindakan siklus II yang meningkat sebanyak 12 orang dari jumlah siswa sebelumnya yang hanya 14 orang siswa, sehingga jumlah siswa yang berpartisipasi aktif baik dalam menunjukkan sikap antusias, respon terhadap materi yang diajarkan, kemauan untuk mengelola nilai-nilai tersebut kedalam dirinya maupun penghayatannya ditujukkan dari perubahan perilaku sebanyak 26 orang dengan ukuran observasi baik.