Pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung
Main Author: | Nasution, Nur azizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5173/1/09%20330%200087.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5173/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika untuk materi lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung karena siswa kurang fokus dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, siswa malu bertanya tentang materi yang belum dipahami, guru masih kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen yang berdesain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 303 orang, sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel setiap kelas 33 (tiga puluh tiga) orang siswa siswi SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung. Berdasarkan hasil perhitungan pretest diperoleh thitung = 0,45 dengan taraf signifikan 5% dk = (n1 + n2 - 2) = (33+33-2))=64 dan ttabel = 1,66. Karena thitung < ttabel (0,45 < 1,66) maka tidak ada perbedaan rata-rata perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan hasil perhitungan postest diperoleh thitung = 11,10 sementara dari daftar distribusi t diperoleh ttabel = 1,66 dengan peluang (1-5%)=95% dk = (n1 + n2 - 2) = (33+33-2))=64. Karena thitung > ttabel (0,45 >1,66). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung