Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok

Main Author: Dongoran, Marlewati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5154/1/093100143.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5154/
Daftar Isi:
  • Media audio visual adalah alat yang dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih konkrit atau lebih nyata. Dengan melihat dan sekaligus mendengar, maka siswa dapat lebih mudah dan lebih cepat memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Media audio visual di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok memang sudah tersedia namun peneliti melihat bahwa pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran khususnya oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) masih jarang dilakukan dan digunakan.. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka yang menjadi rumusan masalahnya adalah bagaimana pemanfaatan media audio visual dan apa saja kendala/hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memanfaatkan media audio visual di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media audio visual dan kendala/hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memanfaatkan media audio visual di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan hasil penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa/i kelas VIII-1, sumber data skundernya adalah kepala sekolah dan tata usaha SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Setelah penulis melakukan observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) belum maksimal. Meskipun media audio visual telah tersedia namun masih terdapat beberapa kendala/hambatan, seperti kurangnya fasilitas dan alat bantu media pengajaran, misalnya media audio visual dan ruangan yang terbatas serta arus listrik yang belum tersedia diruang kelas. Untuk mengatasi beberapa kendala dan kekurangan tersebut maka guru dan pihak sekolah diharapkan bekerja sama dalam memperhatikan dan membenahi kekurangan sarana dan prasarana serta fasilitas sekolah, agar siswa lebih bersemangat dalam belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efesien