Hubungan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memanfaatkan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sampean Kec. Sei Kanan Labuhanbatu Selatan

Main Author: Harahap, Elfrida Juita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5152/1/093100125.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5152/
Daftar Isi:
  • Menjadi masalah dalam penelitian adalah apakah ada hubungankemampuan guru Pendidikan Agama islam (PAI) memanfaatkan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sampean Kec. Sei Kanan Labuhanbatu Selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memanfaatkan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sampean Kec. Sei Kanan Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisa kolerasi product moment. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 68 orang siswa-siswi SMP Negeri 2 Sampean Kec. Sei Kanan Labuhanbatu Selatan. Sampel dalam penelitian menggunakan total samplingyaitu 68 orang. Perolehan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, untuk mengetahui apakah ada hubungan kemampuan guru PAI memanfaatkan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru PAI memanfaatkan media pembelajaran berkolerasi positif dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sampean Kec. Sei Kanan Labuhanbatu Selatan dengan koefisien kolerasi 0,663. Adanya kolerasi tersebut menunjukkan bahwa, semakin kuat kemampuan guru PAI memanfaatkan media pembelajaran, semakin kuat pula motivasi belajar siswanya