Pengaruh kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan

Main Author: Harahap, Marwan Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5142/1/09%20330%200048.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5142/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan dasar siswa yang masih rendah terutama dalam menyelesaikan soal-soal cerita, sehingga perlu pemahaman bahasa verbal yang memadai dalam memecahkan soal-soal cerita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Tambangan yang berjumlah 42 orang terdiri dari dua kelas dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Selanjutnya instrumen dalam penelitian ini berupa tes uraian kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita dan tes uraian hasil belajar matematika. Berdasarkan analisis data, diperoleh analisis korelasi rxy sebesar 0,717, ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan statistik t dan diperoleh thitung = 6,509 > ttabel 1,6839 pada taraf 5% dan dk = n-2 ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika dilakukan dengan uji signifikan analisis regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 42,09 > 4,08 dengan persamaan regresi  Y = 10,11+0,93X. Konstribusi besarnya pengaruh kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika dapat dilihat melalui koefisien determinasi yaitu sebesar 51,4%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan tahun ajaran 2012/2013.