Pengaruh pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan

Main Author: Panjaitan, Devi Mulyati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5141/1/09%20330%200038.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5141/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat dan usaha belajar siswa dalam pembelajaran matematika, serta siswa kurang tertantang dalam mempelajari dan menyelesaikan soal-soal matematika sehingga hasil belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar matematika siswa guru matematika menggunakan pemberian tes di akhir pembelajaran, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “pengaruh pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan. Dan adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Intrumen yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes, dengan jumlah sampel 34 siswa yang diambil dari populasi 34 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel digunakan rumus korelasi product moment dan untuk melihat pengaruh dan sumbangan variabel X kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya dilihat dengan menggunakan uji F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar variabel X terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji F, dengan hasil uji F = 9,061. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 9,061 > 4,15. Dan hasil koefisien korelasi yang diperoleh 0,466, dengan hubungan antara kedua variabel “sedang”. Setiap tingkat variabel X mengakibatkan kenaikan variabel Y sebesar 0,7, hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi ܻ෠ = 53 + 0,7ܺ. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan.