Analisis kemampuan belajar siswa dalam pokok bahasan pecahan di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara
Main Author: | Siregar, Irahayu Surya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5140/1/09%20330%200045.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5140/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan belajar kognitif siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan yang kemampuan belajarnya rendah dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar kognitif siswa di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan belajar kognitif siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu kecamatan Padang Bolak Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif survei dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu kecamatan Padang Bolak Tenggara yang berjumlah 16 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan belajar kognitif siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu kecamatan padang Bolak Tenggara tergolong rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar kognitif siswa di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara adalah faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa itu sendiri. Misalnya minat belajar pecahan sangat rendah, motivasi dari dalam diri siswa dan luar diri untuk belajar pecahan tidak ada, kecerdasan kurang baik, kesiapan, keluarga, guru dan cara mengajar serta lingkungan. Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kemampuan belajar siswa.