Pengaruh penguasaan keterampilan mengadakan variasi dan membimbing diskusi kelompok kecil terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan turunan di kelas XI MAN Barumun Tengah

Main Author: Harahap, Tiamina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5137/1/09%20330%200066.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5137/
Daftar Isi:
  • Aktivitas belajar siswa di MAN Barumun Tengah khususnya di kelas XI masih rendah, yang pada kenyataannya masih ada siswa yang kurang aktif dan bahkan ada sebagian siswa yang sama sekali tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Selama proses pembelajaran, aktivitas siswa cenderung hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan guru. Untuk mengatasi rendahnya aktivitas digunakan keterampilan mengadakan variasi dan membimbing diskusi kelompok kecil. Dengan adanya keterampilan mengadakan variasi dan membimbing diskusi kelompok kecil ini diharapkan dapat mengatasi kebosanan siswa dalam belajar sehingga siswa lebih tekun dalam belajar, penuh gairah, antusias, lebih berani mengungkapkan pendapatnya serta lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Penguasaan Keterampilan Mengadakan Variasi Dan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Turunan di Kelas XI MAN Barumun Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan keterampilan mengadakan variasi terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan turunan di kelas XI MAN Barumun tengah, pengaruh penguasaan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan turunan di kelas XI MAN Barumun tengah dan pengaruh penguasaan keterampilan mengadakan variasi dan membimbing diskusi kelompok kecil secara bersamaan terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan turunan di kelas XI MAN Barumun tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Ex Post Facto. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari jurusan IPA dan IPS MAN Barumun Tengah yang berjumlah 125, sampel sebanyak 32 orang yang diambil dari setiap kelas sebanyak 25%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada Pengaruh yang signifikan antara variabel X1 (keterampilan mengadakan variasi) terhadap variabel Y (aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan turunan di kelas XI MAN Barumun tengah). Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan koefisien korelasi product moment