Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SD N 04 Paraman Ampalu Pasaman Barat

Main Author: Fitra, Idil
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5135/1/09%20330%200044.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5135/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh keabstrakan matematika yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SD N 04 Paraman Ampalu Pasaman Barat. Keabstrakan ini menyulitkan siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan sehingga siswa membutuhkan adanya media agar materi pelajaran tampak konkrit dan jelas bagi siswa. Disamping itu dengan pemanfaatan media ini diharapkan dapat mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan siswa seharai-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Siswa Kelas II SD N 04 Paraman Ampalu Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Siswa Kelas II Sd N 04 Paraman Ampalu Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus, dimana setiap siklus akan melewati 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data peningkatan hasil belajar siswa maka diadakan tes disetiap akhir pertemuan. Dengan demikian maka dapat dilihat nilai rata-rata siswa dan persentasenya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti. Dimana hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan siklus pertama dilakukan nilai rata-rata kelas siswa adalah 60,41 dengan persentase ketuntasan belajarnya adalah 41,66%, Dengan jumlah siswa yang tuntas 10 dari 24 siswa. Sedangkan setelah pelaksanaan pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas 16 Orang dengan nilai rata-rata 68,33 dan persentase ketuntasan belajarnya 66,66%, dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 22 orang dengan nilai rata-rata 81,66 dan persentase ketuntassannya adalah 91,66%