Pengaruh program tutorial terhadap hasil belajar matematika pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola
Main Author: | Sualaiman, Sualaiman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5134/1/09%20330%200064.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5134/ |
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini, yang dikemukakan adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelasVIII MTsN Batang Angkola. Siswa kesulitan menyelesaikan soal soal matematika khususnya pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Ini disebabkan karena kurang tepatnya model pembelajaran yang dipilih dengan meteri yang disampaikan. Mengigat pentingnya kualitas pendidikan dan menanggapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan metode pembelajaran program tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran program tutorial terhadap hasil belajar matematika materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 146 orang. Sampel yang diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas