Pengaruh sertifikasi guru terhadap pembelajaran matematika SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan

Main Author: Matondang, Syarif Hidayat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5131/1/09%20330%200031.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5131/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Banyaknya rumus dan perhitungan yang rumit membuat siswa kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, peranan guru yang kurang optimal membuat pelaksanaan pembelajaran matematika kurang diminati oleh siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan guru yang profesional dalam menangani pembelajaran matematika. Pelaksanaan sertifikasi merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru sebagai bentuk optimalisasi peranan guru dalam pembelajaran matematika yang lebih baik.Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen atau bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional. Pelaksanaan sertifikasi guru sudah dimulai sejak tahun 2007. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMA Negeri yang sudah disertifikasi se-Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang. Selanjutnya untuk mendapatkan data/informasi yang diperlukan penulis menyusun instrumen penelitian tentang kedua variabel tersebut. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dilanjutkan dengan uji regresi dan pengaruh signifikan dihitung dengan uji-F. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi antara variabel (X) terhadap variabel (Y) diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,959 dengan kategori sangat kuat.Dari data tersebut bahwa variabel X memberikan kontribusi terhadap variabel Y sebesar 91,9% dan sisanya 8,1% ditentukan oleh variabel lain.Kemudian dari perhitungan regresi diperoleh nilai Ŷ=-0,17+1,08Xdan nilai Fhitung=147,51>Ftabel=4,67. Hal ini berarti hipotesis “Ada pengaruh yang signifikan sertifikasi guru terhadap pembelajaran matematika SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan” terbukti.